Desain Rumah

Desain Rumah Modern Minimalis

Renovasi Rumah

Renovasi Rumah Minimalis di Bekasi

Bangun Rumah

Rumah Kecil Minimalis 2 Lantai

Kamar Mandi yang Sehat

Pada banyak rumah sederhana, kamar mandi mungkin dibuat seadanya. Ukurannya kecil karena ketersediaan ruang memang terbatas. Walau begitu, kamar mandi sebetulnya tetap harus dijaga kondisinya.

Kamar Mandi yang Sehat

Kalau ingat pelajaran kesehatan zaman dulu, kamar mandi itu paling tidak harus memiliki sirkulasi udara yang baik, dan mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup. Dengan begitu, kondisi udara di sana selalu baik, dan hangat matahari dapat membuat kamar mandi tak lembap.

Untuk membuat kamar mandi seperti di atas, dibutuhkan bukaan dalam bentuk jendela atau jalusi. Bisa pula ditambah skylight pada atap guna memasukkan lebih banyak sinar matahari.

Jika soal bukaan udara dan cahaya sudah beres, tentu yang juga penting adalah menata interior kamar mandinya. Bagi mayoritas orang, kamar mandi memang baru menjadi sebuah tempat untuk mandi. Belum banyak orang yang menuntut sebuah kamar mandi yang lebih nyaman digunakan, baik untuk mandi sekaligus relaksasi.

Menjadikan kamar mandi sekaligus ruang relaksasi sebetulnya juga mudah. Yang terpenting adalah: buatlah kamar mandi yang memiliki tingkat ergonomi ideal. Ideal dalam hal sirkulasi berkegiatan, atau pun penggunaan benda-benda yang ada di sana.

Ergonomi ini bisa diawali dari pemilihan sanitarinya, misalnya bathtub , shower , dan closet . Setelah itu dapat dicapai dengan penempatan yang tepat. Misalnya, menempatan wastafel pada ketinggian 80cm agar posisinya tepat ketika orang mencuci tangan. Begitu juga dengan bathtub, shower, dan kloset. Benda-benda ini juga mesti ditempatkan pada posisi yang tepat. Pembuatan zona basah dan kering patut dilakukan, sehingga tercipta ruang sirkulasi yang nyaman dan zona-zona ini pun aman.

Kiat Memasang Cooker Hood Di Dapur

Desain dan Model Cooker Hood

Kepulan asap dan aroma masakan yang terjebak di dalam dapur membuat dapur menjadi terasa pengap, apalagi jika dapur minim ventilasi udara. Akibatnya, proses masak memasak jadi tidak nyaman dan beresiko mengganggu kesehatan. Selain membuat lubang udara, solusi lain yang dapat Anda pilih adalah memasang cooker hood.

Cooker hood, salah satu perangkat dapur yang mampu menghisap asap dan bau tak sedap. Asap yang dihasilkan dari proses memasak akan dihisap melalui cerobong asap dan dikeluarkan ke ruang luar, sehingga udara di dalam ruangan tetap bersih dan segar. Agar cooker hood berfungsi dengan baik, berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan.

Selengkapnya..»

Trend Disain Interior

Trend Disain Interior Masa Kini

Desain Interior saat ini telah berkembang begitu cepat menembus batas-batas negara dan zaman. Desain Interior tidak lagi dianggap sebagai karya monumental dari seorang arsitek tetapi telah berubah fungsi menjadi komoditi yang dibutuhkan oleh tiap orang dan dijadikan sebagai simbol status.

Interior adalah bagian dalam dari sebuah bangunan sebagai hasil karya seorang arsitek atau desainer interior. Dalam pertumbuhannya desain interior telah berkembang pesat dan berhasil menembus batas-batas negara dan zamannya. Dengan memanfaatkan hasil-hasil penemuan teknologi, taraf kehidupan sosial ekonomi sampai pada pengaruh politik telah berhasil mengubah fungsi interior menjadi komoditi yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perkembangannya ditentukan oleh permintaan dan trend yang berlaku di pasaran. Kapan saja, dimana saja bisa diciptakan suasanan Jepang, suasana abad Pertengahan, suasana Tradisional Modern, Klasik, Antik dan seterusnya, tergantung dari apa maunya si pemesan atau tergantung dari kejelian si desainer dalam menciptakan trend yang akan diorbitkan atau yang sedang in.

Selengkapnya..»

Kursi dan Gaya di Ruang Keluarga

Kursi Gaya Eklektik

Banyak pilihan jenis kursi untuk mengisi ruang keluarga yang ditawarkan atau sudah dikenal oleh masyarakat. Yang perlu diperhatikan dalam memilihnya adalah faktor kenyamanan dalam penggunaannya, sebab desain kursi untuk ruang ini berbeda dengan desain kursi untuk ruang lain, misalnya sudut kemiringan kursi perlu disesuaikan dengan anatomi tubuh saat rileks.

Kira-kira kursi macam apa saja yang bisa dipilih untuk ruang keluarga dengan gaya tertentu?

Marry Gilliatt dalam bukunya yang berjudul “New Guide to Decorating” menguraikan tentang apa itu gaya atau style. Menurutnya, gaya adalah sesuatu yang tidak dapat dilihat dan tidak tetap bentuknya yang dapat ditangkap indera mata melalui warna, skala dan proporsi. Disamping itu konotasi arti kata “gaya” versinya didasarkan atas latar belakang yang berbeda.

Diantaranya gaya berdasarkan national styles, meliputi English Style, American Country, French Style, Italian Style dan Japanese Style. Sedangkan gaya yang terbagi atas periode diantaranya Renaissance, Restoration, Louis XIV,XV,XVI di Perancis. William and Marry, Queen Anne, Georgian and Victorian di Inggris dan lain-lain.

Ada juga gaya yang didasarkan atas bentuk perabot dan dekorasi, seperti The Baroque, dengan ciri ukiran kayu yang rumit. The Rococo, dengan ciri lengkung-lengkung. The Neoclassic, berciri bentuk klasik yang sederhana. Dan gaya Nouveau serta Bauhaus.

Selengkapnya..»

Memilih Kulit Sofa

Bahan Kulit Oscar Pelapis Sofa

Ada beragam kulit imitasi pembungkus sofa, tapi hati-hati jangan salah pilih. Yang murah belum tentu berkualitas, yang berkualitas belum tentu mahal. Bagaimana memilih yang terbaik?

Dua material kulit pelapis sofa yang paling populer adalah oscar dan suede. Kedua kain pelapis ini lebih dikenal sebagai kulit sintetis. Tampilan keduanya indah, seindah tampilan kulit asli. Karakternya yang lembut dan kuat menjadikan kulit pelapis sofa ini nyaman dan panjang usia.

Di pasaran ada beragam kualitas pelapis sofa dari jenis oscar dan suede. Harga yang ditawarkan pun terkadang menggiurkan. Yang murah begitu menggoda. Namun jika di aplikasikan terkadang mengecewakan. Yang mahal pun banyak ragamnya, ada yang kualitasnya lebih baik, tapi mungkin juga tak beda dengan yang murah.

Bagaimana kita dapat memilih yang terbaik, baik dari segi harga maupun kualitas? Pertama, amati permukaannya. Oscar berkualitas baik tidak lengket. Ini membuat oscar tidak mudah kotor. Jikalaupun kotor, permukaannya mudah dibersihkan. Kedua, perhatikan kain bagian belakangnya. Oscar berkualitas memiliki kain pelapis pada bagian belakangnya. Paling tidak, pilihlah yang berlapis kain satu rajutan dan dua rajutan. Kain rajutan ini membuat oscar elastis, sehingga oscar kuat dan tak mudah robek.

Selengkapnya..»