Desain Rumah

Desain Rumah Modern Minimalis

Jual Rumah

Rumah Kecil Minimalis 2 Lantai

Renovasi Rumah

Renovasi Rumah Minimalis di Bekasi

Bangun Rumah

Bangun Rumah dan Renovasi Rumah di Pekalongan

Interior Rumah

Warna Interior Ruang Keluarga

Memilih Kulit Sofa

Bahan Kulit Oscar Pelapis Sofa

Ada beragam kulit imitasi pembungkus sofa, tapi hati-hati jangan salah pilih. Yang murah belum tentu berkualitas, yang berkualitas belum tentu mahal. Bagaimana memilih yang terbaik?

Dua material kulit pelapis sofa yang paling populer adalah oscar dan suede. Kedua kain pelapis ini lebih dikenal sebagai kulit sintetis. Tampilan keduanya indah, seindah tampilan kulit asli. Karakternya yang lembut dan kuat menjadikan kulit pelapis sofa ini nyaman dan panjang usia.

Di pasaran ada beragam kualitas pelapis sofa dari jenis oscar dan suede. Harga yang ditawarkan pun terkadang menggiurkan. Yang murah begitu menggoda. Namun jika di aplikasikan terkadang mengecewakan. Yang mahal pun banyak ragamnya, ada yang kualitasnya lebih baik, tapi mungkin juga tak beda dengan yang murah.

Bagaimana kita dapat memilih yang terbaik, baik dari segi harga maupun kualitas? Pertama, amati permukaannya. Oscar berkualitas baik tidak lengket. Ini membuat oscar tidak mudah kotor. Jikalaupun kotor, permukaannya mudah dibersihkan. Kedua, perhatikan kain bagian belakangnya. Oscar berkualitas memiliki kain pelapis pada bagian belakangnya. Paling tidak, pilihlah yang berlapis kain satu rajutan dan dua rajutan. Kain rajutan ini membuat oscar elastis, sehingga oscar kuat dan tak mudah robek.

Cara serupa dapat dilakukan ketika memilih suede. Perhatikan panjang bulu pada permukaan. Caranya, gesek-gesek permukaan menggunakan jari. Jika terjadi perubahan warna gelap dan terang, maka bulunya cukup panjang dan lebat. Selain itu, pastikan kain suede tidak menyerap air. Yang terbaik, kain memiliki lapisan Teflon. Teflon ini dapat menolak penyerapan air atau minyak pada permukaan, sehingga tidak merembes ke bagian dalam kain.

Seperti halnya memilih oscar, ketika memilih suede pun harus memperhatikan kain bagian belakangnya. Pilih yang berajut ganda, sehingga kain yang tipis ini tidak mudah robek. Trik terakhir yang terpenting adalah memilih kain yang tidak luntur. Suede yang luntur dapat membuat warnanya cepat kusam dan yang terburuk, dapat menyebabkan pakaian berubah warna.