Desain Rumah

Desain Rumah Modern Minimalis

Jual Rumah

Rumah Kecil Minimalis 2 Lantai

Renovasi Rumah

Renovasi Rumah Minimalis di Bekasi

Bangun Rumah

Bangun Rumah dan Renovasi Rumah di Pekalongan

Interior Rumah

Warna Interior Ruang Keluarga

Pemanfaatan Dapur Mungil

Dapur Kecil Idaman

Keberadaan dapur mutlak dibutuhkan di setiap tempat tinggal karena di ruangan inilah kita memasak untuk seluruh kebutuhan keluarga. Namun, kadang kala ruangan ini tidak diperlakukan secara istimewa. Padahal dapur dapat menjadi cermin dari pemilik rumah. Oleh karena itu, ada tip-tip tersendiri untuk membuat dapur Anda menjadi lebih menarik.

Mereka yang memiliki lahan terbatas atau yang tinggal di perumahan-perumahan berukuran kecil, untuk menempatkan dapur dengan tepat sering menimbulkan problem tersendiri. Bagaimana pemecahan dari masalah ini adalah sesuatu yang patut dipikirkan dengan matang.

Apakah Anda menginginkan sebuah ruang makan tersendiri? Hal itu dapat saja Anda terapkan apabila lahan tersedia cukup untuk sarana seperti diinginkan. Untuk lahan yang terbatas tidak ada salahnya apabila kita mengupayakan hal yang sedikit berbeda. Bagaimana jika Anda menghadirkan dapur yang menyatu dengan ruang makan sehingga dapur tidak perlu diletakkan di area paling belakang

Memang untuk menyatukan ruang makan dengan dapur, kita memerlukan sedikit kerja keras untuk merawatnya, terlebih dapur tersebut digunakan untuk sehari-hari dan bukan sebagai penanggah (pantry). Gaya seperti ini sudah mulai banyak diterapkan karena memang tepat bagi meraka yang memiliki lahan terbatas dan menginginkan kepraktisan dalam kehidupan sehari-hari.

SEMAKIN RUMIT SEMAKIN MENARIK

Di mana pun dapur berada, kita dapat membuatnya sesuai dengan bentuk ruang yang tersedia. Bentuknya dapat berupa empat persegi panjang, bujur sangkar, dan bentuk yang tidak beraturan dengan luas yang berbeda-beda pula. Semakin rumit ruang yang tersedia memungkinkan kita menghasilkan suatu penataan yang unik.

Penataan bagaimanakah yang tepat untuk dapur mungil ini? Yang pertama-tama kita pikirkan ialah tata letak kompor, area cuci, area makan, dan area lainnya yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, ada yang suka mencuci piring sambil memandang ke area luar sehingga tempat cuci piring ini dapat diletakkan dekat jendela. Hal ini juga dimaksudkan untuk mengurangi kelembaban pada area tersebut.

Tata letak meja makan dapat Anda sesuaikan dengan selera. Jika ruangan yang tersedia cukup lebar, maka area meja makan yang ukurannya telah disesuaikan dengan luas ruangan dapat diletakkan di tengah. Apabila ruangan berbentuk memanjang (empat persegi panjang), sebaiknya kursi dan meja diletakkan di pinggir atau dipilih yang menjadi satu dengan kitchen set nya.

Jika letak meja makan agak menepi, kursi yang menempel pada dinding dapat berbentuk sofa tanpa lengan (full upholstery), sedangkan kursi di hadapannya menggunakan kursi tunggal. Penggunaan sofa tanpa lengan ini membuat kesan lebih santai. (end-DP)