Desain Rumah

Desain Rumah Modern Minimalis

Jual Rumah

Rumah Kecil Minimalis 2 Lantai

Renovasi Rumah

Renovasi Rumah Minimalis di Bekasi

Bangun Rumah

Bangun Rumah dan Renovasi Rumah di Pekalongan

Interior Rumah

Warna Interior Ruang Keluarga

Memilih Aksen Dinding yang Tepat

Menata Interior Rumah

Seluas dan sebagus apa pun desain sebuah rumah, tetap memerlukan sedikit sentuhan pada sudut-sudut tertentu, terutama pada bidang dinding. Tentunya, sayang sekali bila dinding-dinding dalam sebuah rumah dibiarkan kosong, walaupun dinding dirancang bertekstur. Oleh karena itu, diperlukan hiasan sebagai aksen yang dapat mempercantik penampilan sebuah ruangan.

Lukisan, foto, poster dan gambar hitam putih dengan beragam bingkai (frame) serta panel ukir merupakan salah satu pilihan yang dapat berfungsi sebagai aksen sebidang dinding. Namun, untuk menciptakan kesan yang baik, kita harus memperhatikan beberapa faktor yang berkaitan dengan penempatan dan pemilihan bingkai atau panel yang digunakan. Bentuk, ukuran, dan warna, harus diselaraskan dengan kondisi ruangan, dan citra yang hendak ditampilkan dalam sebuah ruangan.

ALTERNATIF LAIN

Biasanya kita memilih untuk menggantungkan sebuah bingkai atau panel berukuran besar pada sebidang dinding. Disini, saya mencoba menawarkan alternatif lain, yaitu penggunaan beberapa buah bingkai atau panel pada sebidang dinding. Pemilihan dan penggunaan yang demikian, memungkinkan kita untuk bermain dengan komposisi, warna, dan gambar-gambar yang sesuai selera.

Bentuk bingkai polos atau berukir, dapat dipilih, asal selaras dengan gambar dan kondisi ruangan. Bingkai berwarna hitam dengan pastpartou putih misalnya, menjadi pilihan tepat untuk ruangan yang didominasi warna natural dan perangkat interior bergaya semimodern. Atau, panel ukiran berwarna prada dengan bingkai berwarna natural, akan terlihat lebih menonjol bila digantungkan pada dinding berwarna gelap dan bertekstur dengan pernik-pernik interior bergaya etnis.

Selain pada dinding, kita dapat menata bingkai atau panel untuk mengisi kekosongan sudut ruang dengan bantuan sebuah partisi. Penggunaan partisi juga merupakan salah satu cara untuk menutupi jika ada sudut ruang yang kurang baik. Dengan partisi ini, memungkinkan pula menata bingkai atau panel di tengah ruangan.

Baik pada partisi maupun pada dinding, kita dapat menempatkan bingkai atau panel dengan berbagai komposisi. Caranya, dengan memperhatikan bentuknya. Baru kemudian, kita menatanya secara sejajar atau membentuk komposisi tertentu.

Bingkai atau panel, selain berfungsi sebagai aksen pada dinding, dapat berfungsi sebagai latar belakang (background) dalam menata pernik interior. Namun untuk menghasilkan penataan yang baik dan sedap dipandang, diperlukan kepekaan khusus. Terutama, kepekaan dalam memilih dan menempatkan pernik-pernik interior yang selaras dengan komposisi bingkai atau panel, dan sebaliknya.

Bagaimanapun keberadaan aksen pada sebuah dinding, memberikan arti yang cukup penting dalam sebuah penataan. Dengan pemilihan bingkai atau panel yang selaras dengan perangkat interior dan citra yang hendak dihadirkan, ruangan akan terlihat memiliki kesan yang semarak dan menarik.