Desain Rumah Modern Minimalis
Renovasi Rumah Minimalis di Bekasi
Renovasi Rumah di Pekalongan
Warna Interior Ruang Keluarga

Tangga Rumah: Solusi Rancangan Cermat

Kenali rumusan tepat membuat tangga. Salah bikin bisa membuat penggunanya cepat lelah. Aturan feng shui bahkan mengatur jumlah anak tangga yang baik.

Tangga Rumah

Mungkin Anda pernah melihat dan merasakan tangga menuju lantai atas rumah kurang nyaman digunakan. Si pemilik mengeluh kalau harus bolak-balik turun naik. Buntutnya, ia makin enggan menyambangi kamar di atas. Apa pasal? Tangga itu rupanya tak beres dalam soal ukuran dan penempatan.

Seperti kita ketahui, tangga merupakan elemen bangunan yang berfungsi sebagai sarana penghubung lantai yang berbeda ketinggian. Tangga menjadi jalur sirkulasi vertikal dari lantai bawah ke atas, atau sebaliknya. Tangga juga dapat berfungsi sebagai elemen estetika.

Untuk memperoleh sebuah tangga seperti yang Anda harapkan, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian. Pertama, soal kebutuhan dan fungsi. Kedua, faktor keamanan kenyamanan, dan keindahan. Ketiga, feng shui (bagi yang percaya).

Bagaimana membuat tangga yang sesuai kebutuhan dan fungsi? Tangga memiliki pijakan-pijakan yang saling terhubung. Pijakan-pijakan yang berundak-undak dan teratur inilah yang berfungsi menghubungkan dua lantai.

Sebagai jalur vertikal, tangga menyimpan potensi bahaya. Pengguna bisa saja terpeleset dan jatuh akibat salah menginjak anak tangga. Mungkin juga pengguna terjatuh akibat permukaan anak tangga licin, atau tangga tidak memiliki pagar pengaman.

Untuk meminimalkan potensi bahaya itu, ketika merancang dan membuat tangga, kita sebaiknya mengetahui siapa saja pengguna tangga itu. Lantas, ini yang paling penting, desain dan standar ukuran tangga. Dari sinilah kita perlu mengetahui karakter material yang ingin digunakan.

TANGGA YANG IDEAL

Berdasar ilmu arsitektur, untuk mencapai status ideal, sebuah tangga harus memenuhi syarat utama. Tangga harus memiliki fungsi sesuai kebutuhan pengguna, desain dan ukuran sesuai standar, serta material yang tidak membahayakan. Tangga harus tuntas “menghantarkan” penggunanya naik dari lantai bawah ke lantai atas atau sebaliknya, secara aman dan nyaman.

Tangga sebaiknya memiliki railing dan bordes. Railing berfungsi sebagai tempat pegangan dan pagar pembatas. Bordes menjadi area transisi, sebelum melanjutkan pendakian atau penurunan.

Langkah lain yang juga perlu dilakukan adalah menjaga ukuran setiap pijakan sesuai standar. Idealnya, tinggi tiap pijakan atau (langkah naik) anak tangga berkisar 15cm-20cm dengan panjang (langkah datar) 25cm-30cm. Sedangkan untuk dimensi lebar keseluruhan tangga tergantung dari frekuensi lalu lalang. Tinggi tangga juga perlu perhatian. Disarankan satu tangga sebaiknya menghubungkan lantai dengan ketinggian antar lantai tidak lebih dari 3,7 meter.

FENG SHUI

Menurut feng shui, tangga dapat menjadi sumber energi negatif yang mengganggu kelancaran hidup manusia, baik dari segi keuangan maupun kesehatan. Sebabnya adalah tangga merupakan sebuah lubang besar di dalam bangunan. Dengan struktur yang menggantung, tangga memiliki efek negatif. Ini sama dengan balok, tiang atau kolom jika diletakkan pada posisi yang salah.

Tangga Semi-Mekanik

Karena berefek negatif itu, pembahasan feng shui ihwal tangga ini bisa panjang lebar, bahkan rumit. Apalagi jika dikaitkan secara personal dengan penggunanya. Dari kaca mata feng shui, solusi terbaik soal tangga adalah mengatur tata letak dan desain dengan memperhatikan lokasi, arah, bentuk, dan jumlah anak tangga.