Desain Rumah Modern Minimalis
Renovasi Rumah Minimalis di Bekasi
Renovasi Rumah di Pekalongan
Warna Interior Ruang Keluarga

Merancang Ventilasi

Ventilasi optimal membuat rumah segar dan nyaman. Aktifitas di rumah pun menjadi lebih baik dan maksimal. Bagaimana merancang ventilasi yang benar ?

Void Rumah

VOID | Cara lain mengatasi hawa panas di rumah mungil adalah dengan void. Fungsinya untuk menampung dan mengeluarkan udara panas yang bergerak vertikal. Agar fungsi maksimal, void perlu dilengkapi dengan terawang sebagai jalan keluar udara panas yang terkumpul disana.

Langkah yang mesti dilakukan sudah pasti, Buatlah ventilasi udara secara proporsional. Proporsional disini maksudnya adalah paling sedikit mencapai 1/3 bagian dari luas lantai ruangan. Ruang-ruang yang umumnya memerlukan bukaan proporsional itu adalah ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar mandi, dan ruang tidur. Sebesar atau sekecil apapun rumah Anda, pasti memerlukan ventilasi agar ruang-ruang di dalamnya menjadi nyaman.

Sebenarnya ada dua persyaratan agar kenyamanan rumah itu terpenuhi, yakni ketersediaan UDARA dan CAHAYA cukup. Keduanya dapat diperoleh jika rumah memiliki ventilasi yang proporsional dan optimal, serta bukaan untuk cahaya. Ventilasi berfungsi untuk menjalankan sistem pertukaran udara karena adanya perbedaan temperatur. Sementara asupan cahaya membuat ruang menjadi terang dan bebas lembab.

KENALI ALIRAN UDARA

Udara bergerak setiap saat dan mengalir dengan sendirinya. Di dalam rumah, kecepatan angin terasa nikmat jika mengalir dengan kecepatan 0,1 - 0,15m per detik. Kecepatan angin lebih rendah membuat udara berasa tidak mengalir sehingga kondisi di ruangan panas dan pengap. Sebaliknya jika aliran udara lebih besar dari ketentuan. Ini akan membuat orang justru masuk angin.. :)