Desain Rumah Modern Minimalis
Renovasi Rumah Minimalis di Bekasi
Renovasi Rumah di Pekalongan
Warna Interior Ruang Keluarga

Dapur Mungil: Sarana Pelengkap Rumah Anda

Dewasa ini fungsi dapur semakin beragam. Ia tidak saja sebagai tempat memasak. Namun, dapat juga berfungsi sebagai tempat kegiatan lainnya, semisal area makan. Oleh sebab itu, sarana dan prasarananya perlu mendapat perhatian. Bukankah mempunyai rumah berukuran kecil yang seluruh ruangannya tertata apik dapat membuat anda lebih betah tinggal di rumah?

Dapur Mungil

Apabila anda mempunyai lahan yang terbatas atau tinggal di perumahan berukuran kecil, Anda perlu merencanakan penataan rumah dengan cermat. Sarana-sarana yang penting perlu mendapat perhatian utama. Semisal kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dan ruang-ruang lainnya. Salah satunya sarana yang penting, tetapi kerap terlupakan penataannya ialah dapur.

Di tengah-tengah keterbatasan lahan sebaiknya perencanaan penempatan dapur dipikirkan dengan tepat. Kali ini tidak ada salahnya jika dapur diperhatikan lebih jauh lagi karena kebersihan dan kecantikan dapur dapat memberikan nilai tambah untuk griya Anda. Lagipula dapur dapat memberikan kesan lebih menawan di rumah mungil Anda.

KETERBATASAN LAHAN

Luas dapur pada dasarnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan luas lahan yang tersedia, semisal 2×2 meter atau 1,75×2 meter. Jika Anda mempunyai dana yang sedikit berlebih, dapur mungil ini dapat hadir dengan mempesona. Terlebih bila dapur ini merupakan satu-satunya dapur yang ada.

Di antara keterbatasan lahan rumah, ada baiknya jika Anda mulai memikirkan untuk menyatukan dapur mungil dengan area makan keluarga. Memang masih ada sebagian orang yang lebih menyukai dapur dan ruang makan yang terpisah. Namun, untuk efisiensi ruang, dapur yang menyatu dapat diterapkan untuk keluarga kecil yang disibukkan dengan berbagai kegiatan. Bincang-bincang sesama anggota keluarga juga dapat dilakukan disini sehingga suasana di rumah lebih menarik.

Luas rumah yang tidak terlalu besar menjadikan dapur mudah terlihat dari ruangan lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu menata serta memanfaatkan ruang se-efisien mungkin. Selain perangkat mebel yang menjadi pelengkap utama, Anda dapat melakukan permainan warna pada dinding. Permainan lantai, seperti border yang menjadi aksen akan memberikan kesan menarik. Pernik-pernik interior sebagai pemanis ruangan juga dapat menambah kecantikan dapur mungil.

Sketsa Dapur Mungil

Permainan naik-turun plafon di area dapur menghasilkan kreasi yang lebih menawan. Langit-langit/plafon ini dapat diberi warna yang berbeda asal tidak memberikan kesan ruang lebih sempit. Namun, kita bebas untuk menampilkan kreasi sendiri agar ke elokan dapur dapat menunjang keindahan rumah.